[Award]Gold Award Viddsee Juree Awards Indonesia 2020

Film kami HAR mendapatkan GOLD AWARD di kompetisi film pendek Viddsee Juree Awards Indonesia 2020 dengan juri Yosep Anggi Noen, Paolo Bertolin, dan Armi Rae Cacanindin. Malam penganugerahan dilakukan secara daring, dapat ditonton ulang melalui video di bawah ini.

HAR adalah film pendek yang saya sutradarai dan diproduseri oleh Nia Dinata. HAR merupakan bagian dari ProjectChange! yang diinisiasi oleh Nia Dinata di Kalyana Shira Foundation, yang memiliki fokus pada isu-isu sosial, gender, dan hak asasi manusia.

HAR sendiri bercerita tentang seorang anak kecil bernama Har yang hidup di Indonesia pada tahun 1998. Ia hidup di sebuah desa yang belum dialiri listrik berdua bersama ayahnya yang pengangguran, di mana kebutuhan finansial dipenuhi oleh ibunya yang bekerja di Hong Kong. Har, mendapati berita jika ibunya akan pulang di hari ulang tahunnya. Ia terus menanti kedatangan ibunya itu, sementara ayahnya sedang sibuk bersama warga desa lain untuk mempersiapkan instalasi listrik untuk pertama kalinya di desa mereka.

Cerita di film HAR sendiri terinspirasi dari kejadian-kejadian yang sering saya temui saat saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pelosok-pelosok Indonesia. Saya sering mendapati, di jaman sekarang, masih ada daerah di Indonesia yang belum teraliri listrik. Sudah selang waktu sejak lengsernya orde baru, namun ternyata harapan-harapan atas membaiknya taraf hidup, masih belum juga teratasi. Saya percaya, ada hal-hal besar dan keputusan-keputusan besar yang dilakukan di dunia ini, yang memiliki pengaruh yang besar bagi rakyat kecil seperti Har dan keluarganya. Mereka harus menjalani kehidupan hari demi hari dalam sebuah pengaruh besar yang tak bisa mereka hindari.

Bagi saya pribadi, kemudian menciptakan karakter Har yang hidup berdua bersama ayahnya dengan interaksi-interaksi hubungan ayah-anak merupakan sebuah rekreasi atas interaksi-interaksi saya saat masih kecil bersama ayah saya. Ada beberapa dialog yang saya masukkan, merupakan sari-sari ingatan dialog saya dengan ayah saya di masa lampau.

Selain berkompetisi di Viddsee, HAR juga pernah mendapatkan nominasi untuk film pendek terbaik di Festival Film Indonesia 2018, diputar di Busan International Short Film Festival 2019, Children International Film Festival Bangladesh, dan di tahun ini juga akan diputar di Gandhara Independent Film Festival di Pakistan. Festival ini akan dilakukan secara daring dan HAR bisa ditonton secara daring pula. HAR juga masih bisa ditonton di Viddsee melalui link berikut: https://www.viddsee.com/video/har/anob5?channel=juree&edition=indonesia2020&playlist=in-competition

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com
%d bloggers like this: