Di Balik Layar: Batik Intan

video “Batik Intan” adalah video yang saya produksi untuk kompetisi Young Film Director Pinasthika 2011. Hal yang kemudian membuat saya tertarik untuk mengikuti kompetisi ini adalah karena saya cukup tertarik dengan temanya, yaitu Young Heroes. Pikiran awal saya adalah kalaupun toh nantinya video ini tidak menang, paling tidak saya telah membuat sebuah video tentang pahlawan yang bisa dilihat kelak (sekarang) saat hari pahlawan, yang mewakili pemikiran saya tentang pahlawan.

Ide.
Ide dari video “Batik Intan” ini saya dapatkan dari keprihatinan saya akan kekayaan budaya bangsa yang kini semena-mena diakuisisi negara tetangga. Kemudian saya berpikir, apa yang salah dan apa sebenarnya solusi yang bisa diambil? Kemudian dari situ saya mendapatkan sebuah pemikiran sederhana bahwa, budaya adalah sebuah produk turun-temurun yang bisa dan hanya bisa diwariskan kepada generasi berikutnya, yaitu generasi muda. Kesalahan yang ada, karena selama ini kita kurang menjaga budaya tersebut, sehingga pihak lain dengan mudah mengakuisisi. Kita baru kelabakan saat sudah merasa akan kehilangan. Padahal, hal tersebut bisa dihindari jika kita bisa dengan sadar melestarikan kebudayaan tersebut. Dari pemikiran itu saya mendapatkan sebuah copy yang menjadi pesan inti dalam video saya, yaitu “pahlawan bangsa, adalah pemuda pewaris budaya”

Eksekusi.
Eksekusi dari ide diatas adalah cerita tentang sepasang pemuda yang melestarikan budaya membatik, sekaligus mereka melek teknologi dengan mempromosikan batik melalui internet.

dan di hari pahlawan yang hari ini diperingati, sebuah piala silver dari video ini saya persembahkan untuk kru dan talent Batik Intan, dan untuk semua pahlawan yang selalu memberi inspirasi. :)

Selamat Hari Pahlawan, Indonesia!

 

 

Credit :

Director : Luhki Herwanayogi

DOP : Cahya Purusatama

Art Director : Intan Agisti

Location Manager : Faudzan Damar

Lighting : Dwi Kurniawan

Talent Coordinator : Ermaya W

Talent : Blasius Abram Agastya & Ulima Andari

One thought on “Di Balik Layar: Batik Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *